Sabtu, 23 Sepember 2017 | 01:58 WIB | HOME | BERITA | AGENDA | GALERI | KONTAK |

Berita


Hari Ibu Kota Bengkulu


Penulis : Administrator Dibuat : Minggu, 2 Februari 2014 | 15:17 WIB

bengkulukota.go.id – Hari Ibu jatuh pada 22 Desember jangan hanya dijadikan sebagai seremonial saja melainkan harus benar-benar dimaknai dengan sebenar-benarnya, sebagai anak dari Ibu yang telah melahir, menyusui dan membesarkan , sudah seyogyanyalah kita harus benar-benar memberikan penghargaan untuk membebaskan kaum Ibu dari pelbagai bentuk kekerasan, baik kekerasan fisik, psikis, ekonomi dan seksual.

Penggalan diatas merupakan isi pidato Walikota Bengkulu dalam upacara peringatan Hari Ibu Nasional yang dilaksanakan secara hikmat di halaman kantor Walikota Bengkulu.

Menurut H. Ahmad Kanedi, saat ini para istri dan ibu belum terbebaskan dari kekerasan, terutama kekerasan dalam rumah tangga. Padahal perlu dingatkan bahwa peran ibu dalam keluarga sangatlah besar. Selain orang yang mengurus rumah tangga, para ibu juga sebagai penggerak ekonomi keluarga.

Ahmad Kanedi juga mengingatkan bahwa masih banyak kasus kekerasan terhadap perempuan Indonesia, tahun 2010 Catatan Tahunan Komnas Perempuan mencatat 105.103 kasus kekerasan terhadap perempuan, 96 persen atau 101.128 kasus adalah perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

“Kasus yang kini marak dan peristiwanya terus berulang adalah perkosaan dalam angkutan kota. Hal ini semestinya menjadi perhatian penting pemerintah, terutama pemenuhan keadilan dan pemulihan bagi perempuan korban dan memberi sangsi hukum yang setimpal bagi para pelakunya,” kata Ahmad Kanedi dalam keterangannya kepada bengkulukota.go.id, Kamis 22 Desember 2011.

Jika kekerasan terhadap perempuan masih sangat menguat di sekitar masyarakat, maka pemberdayaan terhadap perempuan akan sangat sulit dilakukan. Sebab, kata Ahmad Kanedi, prasyarat perempuan untuk berdaya adalah membebaskannya dari kekerasan dalam bentuk apapun.

“Kekerasan terhadap perempuan berdampak secara mental pada depresi dan kerapuhan jiwa yang akut, kemampuan menyelesaikan masalah yang rendah,  keinginan untuk bunuh diri atau membunuh pelaku. Secara fisik pun ia akan berdampak masalah-masalah kesehatan reproduksi perempuan,” lanjutnya.

Walikota Bengkulu yang akrab disapa Bang Ken ini menjelaskan, kaum Ibu dan perempuan bukan hanya memiliki peran penting dalam kehidupan, melainkan dalam konteks publik dan kebangsaan.

“Hari Ibu adalah hari dimana sejumlah organisasi perempuan pada tahun 1928  berkumpul dan melakukan Kongres Perempuan I yang dihadiri 1000 orang untuk  mendeklarasikan perjuangan melawan kolonialisme, memikirkan konsep negara bangsa dan mengantarkan pada apa yang disebut sebagai era Kebangkitan Nasional,” imbuhnya dengan penuh semangat.

Peran penting inilah, menurut Kanedi, yang sering dilupakan oleh sejarah bangsa dan generasi berikutnya bahwa seolah-olah kaum perempuan dan kaum ibu tidak memiliki kontribusi signifikan dalam  gerakan kebangkitan nasional dan pembentukan Indonesia sebagai negara bangsa.

“Saya berharap peringatan hari Ibu pada hari ini menjadi momen penting bagi kita semua untuk memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kaum perempuan, beri mereka ruang gerak seluas-luasnya tanpa ada sekat-sekat yang akan mencederai perjuangan pengarusutamaan gender,” cetusnya.




« Kembali ke List Berita



Komentar Pengunjung :


Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak berita ini (Total : 0 komentar)



* Silahkan berikan komentar anda seputar berita yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No. HP atau Email) :

Komentar (max. 250 karakter) :


Masukkan Jumlah :

 


 

Motto Kota Bengkulu

     KOTA BENGKULU KOTA SEMARAK

(SEJUK, MERIAH, AMAN, RAPI, KENANGAN)  

8 TEKAD BENGKULUKU

1.  Bengkuluku bersih

2.  Bengkuluku Indah

3.  Bengkuluku Sejuk

4.  Bengkuluku Sehat

5.  Bengkuluku Aman

6.  Bengkuluku Religius

7.  Bengkuluku Kreatif

8.  Bengkuluku Peduli

 

Agenda Kegiatan


Soft Opening Gedung Baru RSUD Kota Bengkulu
Tanggal :17/03/2016
Tempat : Halaman RSUD Kota Bengkulu

Upacara Hari Jadi Kota Bengkulu Ke 297
Tanggal :17/03/2016
Tempat : Halaman Kantor Walikota Bengkulu

Lomba Jambar Nasi Kunyit
Tanggal :14/03/2016
Tempat : Lapangan View Tower, Kota Bengkulu

Form Login

Username dan Password

Polling / Survei

Layanan Kontak

Kantor. Bappeda Kota Bengkulu, Jl.WR Supratman, Bentiring Kota Bengkulu , 46000
Telpon. (0736) 5611561, 5612
No Fax. (0736) 26992
Email. admin@bengkulukota.go.id

Pilih Bahasa

Statistik Visitor


  Beranda    Berita   Agenda   Galeri     Kontak